PROKLAMASI

PROKLAMASI
INDONESIA

Minggu, 15 Agustus 2010

Alexander Merkel - ACMILAN

Nama: Alexander Merkel
Klub: AC Milan
Kebangsaan: Jerman; lahir di Kazakhstan dengan orangtua berkebangsaan Belarusia
Umur: 18
Posisi: Gelandang

Nampaknya tidak diperlukan lagi seorang figur jenius di Milanello musim ini untuk memboyong pemain berharga selangit. Sang pelatih baru, Massimiliano Allegri, hanya membawa Mario Yepes, Sokratis Papasthopolous dan beberapa talenta muda dari Atalanta, Crotone dan Inter untuk didaratkan salah satu tim besar eropa ini dengan hanya bermodalkan 'segelintir' euro.

Ya betul sekali, tersiar kabar dari kamp Rossoneri bahwa musim ini akan menjadi saat dimana produk muda Primavera unjuk gigi di skuad Milan. Nama-nama seperti Rodney Strasser, Simone Verdi dan Nnamadi Oduamadi telah terlihat di beberapa laga pra-musim dan tampil impresif. Tapi, ada satu nama remaja yang sepertinya akan langsung digunakan servisnya dalam waktu dekat.

Alexander Merkel telah mengundang decak kagum saat pertandingan melawan Lyon, Arsenal dan Panathinaikos. Merkel, tidak ada hubungan apapun dengan kanselir Jerman Angela Merkel, adalah seorang gelandang sentral yang memiliki tenaga prima dan ngotot saat mengahadapi bola dan telah banyak yang membandingkan permainannya dengan gelandang Napoli, Marek Hamsik.

Dalam masa pra-musim AC Milan, Merkel menunjukkan kemampuannya untuk mendikte sebuah pertandingan. Meskipun bermain dengan pemain senior sekaliber Clarence Seedorf dan Gennaro Gatusso, ia tidak canggung memainkan perannya.

Remaja ini memang belum memiliki fisik yang sempurna, namun ia menunjukkan semangat bertarung dan keberanian dalam bertahan. Dalam menyerang, ia juga bermain di level satu dan memberikan pelatih sebuah kepercayaan untuk memainkannya. Pandai menggunakan kedua kakinya dan tidak takut untuk menembak bola. Cara pendekatan permainanya memang perlu pernyempurnaan, tapi kemampuan membawa bolanya menunjukkan bahwa ia adalah seorang calon pemimpin yang hebat, bahkan di umurnya yang sekarang.

Lahir di Kazakhstan dengan orangtua berkebangsaan Belarusia, Merkel memilih masuk ke jenjang tim nasional muda Jerman karena telah menetap di sana sejak umur enam tahun. Telah tampil bersama Jerman U-15 dalam berbagai kompetisi, namun dilaporkan menolak panggilan timnas U-21 Jerman. Dipercaya ia lebih memilih bermain untuk timnas senior Belarusia, untuk mengikuti jejak idolanya Aleksandr Hleb.

Sejak kecil, ia melihat Hleb saat di Stuttgart, klub yang dibela Merkel saat kecil. Stuttgart pun telah berhasil memagarinya dari Bayern Muenchen, Hamburg SV dan 1899 Hoffenheim, namun saat ada pinangan dari klub sekelas Milan, Stuttgart tidak dapat lagi menahannya di Jerman. Dengan potongan pirang yang sangar dan tenaga prima, nampaknya namanya bakal tercantum di line-up Milan dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar