PROKLAMASI

PROKLAMASI
INDONESIA

Selasa, 09 Februari 2010

ACMILAN DASHYAT, juve MEMBLE !!!!

Juventus harus melupakan mimpinya meraih gelar scudetto di musim ini. Dalam big-match Serie A Italia di pekan ke-19 yang digelar di Grande Olimpico, Turin, Minggu (10/1) malam waktu setempat atau Senin (11/1) dinihari WIB, Bianconeri secara tragis dipermalukan musuh bebuyutan AC Milan dengan skor sangat telak 0-3. Dua dari tiga gol kemenangan Rossoneri dicetak bintang andalannya asal Brasil, Ronaldinho di menit ke-72 dan menit ke-88. Gol pembuka kesuksesan Milan dicetak Alessandro Nesta di menit ke-29.

Dengan kemenangan ini, Rossoneri kian mengukuhkan posisinya di peringkat dua besar klasemen sementara dengan jumlah 37 poin hasil dari 18 pertandingan atau terpaut delapan angka dari pimpinan klasemen Inter Milan yang telah menyelesaikan 19 partai. Sebaliknya, jarak antara Juve dengan Nerazzurri kian melebar, 12 poin. Bahkan, jumlah perolehan angka Bianconeri disamai Napoli.

Di laga big-match tersebut, Ciro Ferrara memutuskan menurunkan formasi 4-4-1-1 dengan mengandalkan duet Diego dan Amauri di lini depan. Putusan yang ternyata salah besar dan gagal total. Di lini tengah, Felipe Melo dan Christian Poulsen ditugaskan sebagai jangkar didampingi Claudio Marchisio dan Hasan Salihamidzic. Di lain pihak, sesuai dengan prediksi, Leonardo menurunkan the winning team seperti saat menggulung Genoa 5-2 Rabu (6/1) lalu.

Awalnya, sesumbar Juve untuk memetik tiga poin tampak akan mendekati kenyataan. Sejumlah peluang didapatkan Diego. Namun, tembakannya di menit ke-13 masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Dida. Ironisnya, sejak saat itu kendali permainan berada di tangan Milan yang tampil lebih rileks.

Memasuki menit ke-29 atau tepatnya 28 menit lebih 20 detik, kelengahan atau gagapnya lini pertahanan Juve mengantisipasi set-piece membuat Milan unggul 1-0 lewat sontekan Alessandro Nesta. Gol ini bermula dari tendangan sudut yang diambil Andrea Pirlo. Bola yang datang di mulut gawang gagal disapu Melo dan Poulsen. Pun begitu pula dengan kiper Alex Manninger. Alhasil, Nesta yang berdiri di tiang jauh tanpa kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang.

Juve mencoba membalas. Di menit ke-39 terjadi kemelut di depan gawang Milan. Bola liar disambar Giorgio Chiellini lewat sliding-nya. Bola masih dapat diblok Dida. Amauri terlambat menyongsong bola rebound. Jelang turun minum tiba, Manninger membuat save dengan menepis tembakan jarak jauh Thiago Silva. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, Juve menggebrak. Hanya dalam waktu 55 detik gawang Dida terancam. Sundulan Amauri yang meneruskan tendangan corner Diego terlambat diantisipasi Chiellini. Dua menit berselang, sundulan Chiellini lagi-lagi lemah dan pas dalam pelukan Dida. Beberapa detik kemudian, giliran David Beckham yang membuang peluang. Di menit ke-60, Ferrara mencoba mengubah peruntungan dengan memainkan Alessandro Del Piero.

Akan tetapi, justru Milan yang memperbesar keunggulan di menit ke-70 lewat sundulan Ronaldinho yang memanfaatkan tendangan penjuru Pirlo. Lagi, gol yang disebabkan ketidakbecusan Fabio Cannavaro dkk mengantisipasi set-piece. Kelemahan itu pulalah yang membuat gawang Manninger jebol untuk kali ketiga di menit lewat cocoran Ronaldinho memanfaatkan umpan flick dari Mathieu Flamini. Skor 3-0 bertahan sampai bubaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar