PROKLAMASI

PROKLAMASI
INDONESIA

Sabtu, 13 Februari 2010

Merusak Lingkungan = Melanggar HAM

Merusak Lingkungan Hidup = Melangar HAM


JANGAN main-main dengan lingkungan hidup, karena Anda bisa dituding melanggar HAM. Eh, memang ada hubungannya ya? Ada. Paling tidak, seperti yang dikatakan Kumi Naidoo, Direktur Greenpeace, orang Afrika pertama yang memimpin organisasi ini, dua hal tersebut di atas memanglah berkaitan.

Seperti dilansir oleh situs dw-world.de. Kumi menegaskan bahwa degradasi lingkungan yang mengekploitasi sumber daya alam akan berujung pada banyaknya angka pengangguran dan kemiskinan. Dan tentu saja pengangguran serta kemiskinan adalah hal yang bisa memicu terjadinya banyak pelanggaran terhadap HAM.

Kumi menambahkan, negara-negara di Afrika-lah yang saat ini paling merasakan dampak dari perubahan iklim. Suhu yang meningkat menyebabkan musim kering yang berkepanjangan. Mungkin dampak yang bisa dirasakan langsung adalah masalah kemiskinan sebagai akibat dari kekeringan.

Sedangkan proses penyebab kekeringan akibat iklim itu sendiri tak dimengerti oleh warganya, karena memang prosesnya berlangsung lambat. Dan tentu saja mereka masih bergulat untuk tetap survive dengan masalah kemiskinannya, bukan tentang proses penyebabnya.

“Akan dicoba untuk mempopulerkan masalah lingkungan hidup kepada masyarakat yang tengah memerangi kemisikinan dengan menunjukkan hubungan masalah yang mereka alami dengan kekacauan iklim," tekad Kumi.

Lebih jauh Kumi mengatakan, saat ini aksi radikal sangat diperlukan bagi keselamatan lingkungan. Melindungi hutan bukan hanya sekedar tugas bagi para pecinta hutan saja, namun ini adalah masalah bersama guna mengamankan planet bumi.”Jika bukan kita, lantas siapa lagi,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar