PROKLAMASI

PROKLAMASI
INDONESIA

Selasa, 09 Februari 2010

BIOREMENDASI : Tehnik Baru Pemulihan Pencemaran

BIOREMENDASI : Teknik Baru Pemulihan Pencemaran Lingkungan

Adalah Dwi Andreas Santoso, Dosen Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang telah berhasil menemukan teknik Bioremendasi.

Bioremendasi adalah suatu teknik untuk memulihkan lingkungan dari pencemaran. Teknik yang digunakan adalah dengan memanfaatkan bakteri Bacillus sp. ICBB 7859 untuk mengurangi limbah minyak bumi, Pseudomonas pseudomallei ICBB 1512 untuk limbah merkuri, khamir Candida sp. ICBB 1167 dan Pseudomonas sp. untuk limbah fenol.

Teknik baru yang telah didaftarkan untuk mendapatkan hak paten ini teruji mampu menghemat biaya sebesar 25%—50% dibanding teknologi bioremediasi yang diterapkan perusahaan minyak . Hebatnya lagi, hanya dalam waktu 30 menit limbah merkuri mampu dibersihkan hingga 98,5%.

Hal ini sudah dibuktikan dengan membersihkan areal persawahan di daerah Lembang Bandung yang tercemar limbah pabrik tekstil. Hasilnya hanya dalam hitungan minggu areal persawahan itu sudah bisa ditanami kembali. Suatu temuan yang luar biasa. Terbukti bahwa bakteripun banyak yang menguntungkan, asal tentunya kita mampu bersahabat dengan mereka dan tidak merubah mereka menjadi mutan yang justru berlaku sebaliknya. [ameL]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar