PROKLAMASI

PROKLAMASI
INDONESIA

Sabtu, 20 Februari 2010

4000 Pohon untuk Restorasi DAS Ciliwung

Ada suasana yang berbeda Selasa [02/02] lalu di Desa Cikoneng Kab. Bogor. Hari itu dianggap hari yang penting bagi masyarakatnya, karena dimulainya penanaman 4000 pohon di daerah tsb yang merupakan hulu dari Daerah Aliran Sungai [DAS] Ciliwung. Acara ini diprakarsai oleh WWF Indonesia yang dibiayai oleh salah satu perusahaan ponsel terkenal NOKIA.

Acara yang dihadiri oleh Dirjen Rehabilitasi Hutan dan Lahan Perhutanan Sosial [RLPS] Departemen Kehutanan, Indriastuti, menyambut baik inisiatif Nokia - WWF ini. “Dukungan ini sangat luar biasa untuk ikut mensukseskan program restorasi yang terus diupayakan pemerintah. Jika Pebruari 2009 lalu kami mencanangkan program One Man One Tree, maka Pebruari 2010 kami menaikkan target menjadi OBIT, One Billion Indonesian Trees for the World. Dan penanaman pohon hari ini menandai penanaman pertama dalam target OBIT kami,” ungkapnya lugas.

Terpilihnya DAS Ciliwung seluas 10 hektar untuk program penghijauan ini, karena dianggap daerah ini sebagai salah satu zona prioritas Departemen Kehutanan. Disamping itu WWF merasa bahwa harapan masyarakat Jabodetabek akan pemulihan dan penyelamatan lingkungannya sangat besar, karena dampaknya pun akan dirasakan hajat hidup orang banyak di Jakarta dan sekitarnya. “Sementara ini memang kami lebih banyak fokus pada daerah-daerah di luar P. Jawa seperti Kalimantan, Lombok dan Sumatera,” ujar Direktur Kebijakan WWF Foead Nazir.

Seandainya perusahaan-perusahaan besar tiadk hanya cari untung, tapi juga sadar lingkungan, pasti makin hijau Indonesia. Setuju? [ameL]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar