PROKLAMASI

PROKLAMASI
INDONESIA

Selasa, 16 Februari 2010

Wanita Hamil Merokok, Anak Bisa Gila .

Stop merokok selama Anda hamil. Bila tidak, gejala kegilaan akan mengancam perkembangan anak yang akan dilahirkan.

Penelitian empat universitas di Inggris menunjukkan, dari 19 persen remaja yang memiliki ibu yang perokok, 11 persen di antaranya sering berhalusinasi dan berkhayal.

Selama ini hanya diketahui kalau wanita hamil yang merokok beresiko melahirkan anak dengan berat badan kurang, kelainan jantung, dan rentan kematian.

Namun penelitian tersebut menambahkan, wanita yang mengisap 20 batang per hari dapat melahirkan anak dengan gejala kegilaan yang lebih besar.

Menurut Stanley Zammit, seorang psikiatris di Universitas Farmasi Cardiff Inggris, semakin sering wanita hamil merokok maka gejala itu makin riskan untuk terjadi.

"Sekitar 20 persen ibu dari remaja dalam kelompok penelitian tidak merokok. Dan, anak mereka sehat," ujarnya seperti dilansir Health News.com, baru-baru ini.

Penelitian ini juga menemukan, gejala serupa dapat terjadi pada anak yang memiliki ibu peminum. Artinya, wanita hamil yang terbiasa mengkonsumsi alkohol 21 botol kemungkinan memiliki anak dengan gangguan jiwa.

Meski demikian, Zammit dan peneliti lainnya masih menyangsikan hubungan antara rokok dan gejala kegilaan. Hingga kini mereka masih melakukan penelitian terhadap kandungan tembakau dan efeknya pada wanita hamil, juga anak yang dilahirkan.

Terlepas dari kelanjutan penelitian, mencoba cara hidup sehat selama mengandung adalah tindakan benar. Selain menjaga kondisi janin tetap sehat, gaya hidup ini dapat memotivasi para ibu hamil lainnya untuk memberi kesempatan calon anak mereka tumbuh sehat. (Liputan6.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar